Cadiakid - Perbandingan Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka 2022, Dengan berlakunya Kurikulum Merdeka, banyak hal-hal yang berubah termasuk pada Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Umur 5-6 tahun, kurikulum ini diklaim lebih baik dan menghilangkan batasan-batasan yang terdapat di kurikulum 2013, sehingga dengan harapan kurikulum merdeka ini siswa dapat leih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran yang diikutinya.
Adapun untuk perbandingan dari Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum PAUD umur 5-6 tersebut, dapat dilihat melalui tabel perbandingan dibawah ini:
KURIKULUM 2013 | KURIKULUM MERDEKA |
---|---|
Kerangka Dasar | |
Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan | Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan. Mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik |
Kompetensi yang Dituju | |
Kompetensi Dasar (KD) yang berupa lingkup dan urutan (scope and sequence) yang dikelompokkan pada empat Kompetensi Inti (KI) yaitu: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan KD disusun dari 6 aspek perkembangan, dinyatakan dalam bentuk point-point dan diurutkan, merupakan gambaran pencapaian STPPA di akhir layanan PAUD usia 6 tahun |
Capaian Pembelajaran (CP) untuk satu fase perkembangan anak usia dini, disebut sebagai Fase Fondasi CP dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mencapai, menguatkan, dan meningkatkan kompetensi anak usia dini dalam nilai agama dan moral, perkembangan dan identitas diri, serta kompetensi literasi,numerasi, sains, teknologi, rekayasa, dan seni. CP diharapkan dapat dicapai di akhir layanan PAUD (usia 5-6 tahun) |
Struktur Kurikulum | |
Jam Pelajaran (JP) diatur 900 menit per minggu. Satuan PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit per minggu wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram. |
Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan. Untuk TK B ada penambahan menjadi 35700 menit/tahun. Perkiraan per minggu 1050 menit, penambahan 150 menit dari K13 Pembelajaran dengan projek tidak terpisah jamnya dengan intrakurikuler |
Pembelajaran | |
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Menggunakan prinsip pembelajaran anak usia dini:
|
Bermain-belajar. Pembelajaran anak usia dini berpusat pada anak. Kegiatan berbasis buku bacaan anak untuk menguatkan kompetensi literasi Orientasi pembelajaran untuk mencapai well-being anak, dengan Capaian Pembelajaran sebagai acuan dan memperhatikan aspek perkembangan Penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran. Tidak ada alur untuk tujuan pembelajaran |
Penilaian | |
Teknik dan instrumen penilaian:
|
Tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Teknik dan waktu pelaksanaan asesmen ditentukan oleh guru. Teknik asesmen dan instrumen diantaranya:
|
Perangkat Ajar yang Disediakan Pemerintah | |
|
Buku panduan pendidik PAUD:
Modul ajar: https://drive.google.com/drive/folders/1hZp_jS80rKtn3bb1hr0wrEIVAUBDMxa- |
Perangkat Kurikulum | |
|
|
Post a Comment