81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Analisis Perbandingan Standar Kompetensi Lulusan tahun ajar 2022

Analisis Perbandingan Standar Kompetensi Lulusan tahun ajar 2022


Cadiak.id - Analisis Perbandingan Standar Kompetensi Lulusan tahun ajar 2022, Pada tahun ajar 2022 banyak hal dan inovasi yang dilakukan oleh KEMDIKBUDRISTEK yang salah satunya yaitu perubahan standar kompetensi kelulusan. Nah, bagi rekancadiak yang masih belum mengetahui perubahan-perubahan yang ada, silahkan simak penjelasan berikut ini:

  1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan Peserta Didik dari hasil pembelajarannya pada akhir Jenjang Pendidikan
  2. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai pedoman dalam penentuan kelulusan Peserta Didik dari satuan pendidikan
  3. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan
  4. Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan Jenjang Pendidikan menengah umum difokuskan pada:

    • persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;
    • penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan
    • pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
Adapun analisis SKL tahun ajar 2022 untuk SD SMP dan SMA dapat dilihat melalui tabel berikut di bawah ini:

SKL PERTAMA
SD SMP SMA
mengenal Tuhan Yang Maha
Esa melalui sifat-sifatNya,
memahami ajaran pokok
agama/kepercayaan,
melaksanakan ibadah dengan
bimbingan, bersikap jujur,
menunjukkan perilaku hidup
sehat dan bersih, menyayangi
dirinya, sesama manusia serta
alam sebagai ciptaan Tuhan
Yang Maha Esa, serta taat pada
aturan
mencintai Tuhan Yang Maha Esa
dan memahami kehadiran
Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan seharihari,
memahami ajaran agama,
melaksanakan ibadah secara
rutin dan mandiri sesuai dengan
tuntunan agama/kepercayaan,
berani menyatakan kebenaran,
menyayangi dirinya, menyadari
pentingnya keseimbangan
kesehatan jasmani, mental dan
rohani, menghargai sesama
manusia, berinisiatif menjaga
alam, serta memahami
kewajiban dan hak sebagai
warga negara
menyayangi dirinya,
menghargai sesama dan
melestarikan alam semesta
sebagai wujud cinta kepada
Tuhan Yang Maha Esa,
menunjukkan sikap religius dan
spiritualitas sesuai ajaran
agama/kepercayaan yang
dianut, memahami sepenuhnya
ajaran agama secara utuh, rutin
melaksanakan ibadah dengan
penghayatan, menegakkan
(mengedepankan) integritas
dan kejujuran, pembelaan pada
kebenaran, pelestarian alam,
menyeimbangkan kesehatan
jasmani, mental, dan rohani,
serta pemenuhan kewajiban
dan hak sebagai warga negara
SKL KEDUA - CADIAK.ID
mengenal dan
mengekspresikan identitas
diri dan budayanya,
mengenal dan menghargai
keragaman budaya di
lingkungannya, melakukan
interaksi antarbudaya, dan
mengklarifikasi prasangka
dan stereotip, serta
berpartisipasi untuk menjaga
Negara Kesatuan Republik
Indonesia
mengekspresikan dan
bangga terhadap identitas
diri dan budayanya,
menghargai keragaman
masyarakat dan budaya
nasional, terbiasa melakukan
interaksi antar budaya,
menolak stereotip dan
diskriminasi, serta
berpartisipasi aktif untuk
menjaga Negara Kesatuan
Republik Indonesia
mengekspresikan dan
bangga terhadap identitas
diri dan budayanya,
menghargai dan
menempatkan keragaman
masyarakat dan budaya
nasional dan global secara
setara dan adil, aktif
melakukan interaksi
antarbudaya, menolak
stereotip dan diskriminasi,
serta berinisiatif untuk
menjaga Negara Kesatuan
Republik Indonesia
SKL KETIGA DAN KEEMPAT
menunjukkan sikap peduli
dan perilaku berbagi serta
berkolaborasi antarsesama
dengan bimbingan di
lingkungan sekitar
menunjukkan perilaku
terbiasa peduli dan berbagi,
serta kemampuan
berkolaborasi lintas kalangan
di lingkungan terdekat dan
lingkungan sekitar
menunjukkan sikap aktif
mendorong perilaku peduli
dan berbagi, serta
kemampuan berkolaborasi
lintas kalangan di lingkungan
terdekat, lingkungan sekitar,
dan masyarakat luas
menunjukkan sikap
bertanggung jawab
sederhana, kemampuan
mengelola pikiran dan
perasaan, serta tak
bergantung pada orang lain
dalam pembelajaran dan
pengembangan diri
terbiasa bertanggung jawab,
melakukan refleksi,
berinisiatif dan merancang
strategi untuk pembelajaran
dan pengembangan diri,
serta mampu beradaptasi
dan menjaga komitmen
untuk meraih tujuan
menunjukkan perilaku
bertanggung jawab,
melakukan refleksi,
berinisiatif dan merancang
strategi untuk pembelajaran
dan pengembangan diri,
serta terbiasa beradaptasi
dan menjaga komitmen
untuk meraih tujuan
SKL KELIMA DAN KEENAM - CADIAK.ID
menunjukkan kemampuan
menyampaikan gagasan,
membuat tindakan atau
karya kreatif sederhana, dan
mencari alternatif tindakan
untuk menghadapi
tantangan, termasuk melalui
kearifan lokal
menunjukkan kemampuan
menyampaikan gagasan
orisinal, membuat tindakan
atau karya kreatif sesuai
kapasitasnya, dan terbiasa
mencari alternatif tindakan
dalam menghadapi
tantangan
menunjukkan perilaku
berbudaya dengan
menyampaikan gagasan
orisinal, membuat tindakan
dan karya kreatif yang
terdokumentasikan, serta
senantiasa mencari alternatif
solusi masalah di
lingkungannya
menunjukkan kemampuan
menanya, menjelaskan dan
menyampaikan kembali
informasi yang didapat atau
masalah yang dihadapi
menunjukkan kemampuan
mengidentifikasi informasi
yang relevan atau masalah
yang dihadapi, menganalisis,
memprioritaskan informasi
yang paling relevan atau
alternatif solusi yang paling
tepat
menunjukkan kemampuan
menganalisis permasalahan
dan gagasan yang
kompleks, menyimpulkan
hasilnya dan menyampaikan
argumen yang mendukung
pemikirannya berdasarkan
data yang akurat
SKL KETUJUH DAN KEDELAPAN
menunjukkan kemampuan dan
kegemaran berliterasi berupa
mencari dan menemukan teks,
menyampaikan tanggapan atas
bacaannya, dan mampu
menulis pengalaman dan
perasaan sendiri
menunjukkan kemampuan dan
kegemaran berliterasi berupa
menginterpretasikan dan
mengintegrasikan teks, untuk
menghasilkan inferensi
sederhana, menyampaikan
tanggapan atas informasi, dan
mampu menulis pengalaman
dan pemikiran dengan konsep
sederhana
menunjukkan kemampuan dan
kegemaran berliterasi berupa
mengevaluasi dan
merefleksikan teks untuk
menghasilkan inferensi
kompleks, menyampaikan
tanggapan atas informasi, serta
menulis ekspositori maupun
naratif dengan berbagai sudut
pandang
menunjukkan kemampuan
numerasi dalam bernalar
menggunakan konsep,
prosedur, fakta dan alat
matematika untuk
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan diri dan
lingkungan terdekat
menunjukkan kemampuan
numerasi dalam bernalar
menggunakan konsep,
prosedur, fakta dan alat
matematika untuk
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan diri,
lingkungan terdekat, dan
masyarakat sekitar
menunjukkan kemampuan
numerasi dalam bernalar
menggunakan konsep,
prosedur, fakta dan alat
matematika untuk
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan diri,
lingkungan terdekat,
masyarakat sekitar, dan
masyarakat global
Post a Comment

Post a Comment