Dalam suatu bisnis, pemasaran merupakan salah satu yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar target konsumen yang dituju dapat mengetahui produk yang dibuat. Dengan begitu, produk usaha akan semakin laku terjual. Pemasaran produk juga dapat dilakukan dengan mengirimkan ke perusahaan lain. Simak contoh proposal pemasaran produk usaha berikut ini.
PROPOSAL PEMASARAN PRODUKJUS BUAH MANIS “Natural”
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Berdirinya Usaha
Usaha kecil menengah atau UKM telah menjadi trends bisnis yang sangat menguntungkan bagi seornag pengusaha, banyaknya konusmen yang membutuhkan suatu proudct seperti makanan atau minuman membuat peluang usaha kecil ini kian berkembang dengan subur di Inonesia, atas dasar inilah yang menjadi prioritas utama kami untuk membangun sebuah usaha kecil minuman yang bergizi dan tentunya sehat untuk dikonsumsi.
Jus buah manis kaya rasa ini kami produksi dari buah-buahan yang berkualitas dan juga kami datangkan langsung dari petani yang menanam buah ini, selain itu juga sebelum kami mengolahnya menjadi produk minuman jus kami menyeleksi buah-buahannya terlebih dahulu, hal ini kami lakukan agar produk yang kami buat benar-benar berkualitas dan agar lolos seleski yang dilakukan oleh badan pengawas obat dan makanan (BPOM).
sedangkan untuk harga jus buah manis kaya rasa ini kami bandrol dengan harga yang relatif terjangkau sebab kami memang berencana menargetkan pangsa pasar kelas mengenah ke bawah, dengan beberapa pertimbangan diatas maka kami sangat yakin bahwa usaha kami ini akan mencapai kesuksesan dalam waktu dekat, menginat tingkat persaingan dalam peluang usaha minuman relatif lebih sedikit dibandingkan peluang usaha makanan, Adapun latar belakang didirikannya peluang usaha minuman ini adalah :
1) Masyarakat Indonesia membutuhkan minuman yang sehat bergizi.
2) Dengan produk kami yang berkualitas diharapkan konsumen akan puas
3) Bahan baku jus buah kaya rasa ini mudah diperoleh dan harganya pun sangatlah murah.
BAB II
RUMUSAN MASALAH
Perumusan Visi Usaha
Visi dalam usaha yang kami lakukan ialah memproduksi minuman jus buah kaya rasa sebagai salah satu peluang usaha kecil menengah di Indonesia, menyediakan produk berkualitas untuk masyarakat merupakan salah satu visi kami, dengan cara ini kami mengharapkan bisa mendapat keuntungan usaha yang maksimal
Perumusan Misi Usaha
Proses produksi yang praktis, higienis dan sangat efisien baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang kami gunakan.
Menjaga cita rasa produk yang kami jual
Memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen
Dengan rasa yang khas dan harga yang terjangkau kami mengharapkan kepuasaan
Memperkenalkan cara mengelola buah-buahan kepada masyarakat.
Tujuan didirikannya Usaha Ini
Menciptakan lapangan pekerjaan kepada warga setempat
Dapat meningkatkan taraf hidup kepada seluruh karyawan kami
Mendidik karyawan kami Untuk menerapkan jiwa berwirausaha
Dapat melatih kemandirian kepada seluruh karyawan kami.
Meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan.
BAB III
PEMBAHASAN
Jenis Produk Usaha
Produk yang kami jual ialah jus buah kaya rasa yang bahan baku utamanya adah seluruh buah-buahan segar, produk yang kami buat pun sangat bervariasi dan sesuai dengan permintaan konsumen kami.
Modal Usaha Minuman Rp. 1.200.000
Blender Rp. 500.000
Pisau Rp. 10.000
Alat pengerut buah Rp. 15.000
————————————————————————– +
Total Rp. 1.715.000
Biaya operasional Usaha Minuman
Biaya pembelian aneka Buah Rp. 4.000.000
Biaya Sewa Tempat Rp. 500.000
Biaya listrik, Air dll Rp. 200.000
Transportasi Rp. 150.000
Biaya lain – lain Rp. 200.000
—————————————————————————– +
Total Rp. 5.050.000
Omset per bulan
Omzet harian rata-rata Rp 250.000,00
Omset bulanan @ Rp 250.000,00 x 30 hari =7.500.000,00
Laba bersih perbulan ialah Rp 7.500.000,00 – Rp 5.050.000,00 = Rp 2.450.000,00
Waktu Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi yang kami lakukan ialah 6 Hari dalam seminggu
(senin – jumat : 07.00 : 16: 00) (Sabtu : 07:00 – 12.000) (Minggu: Libur).
Jumlah Karyawan
Diperlukan 3 orang yang diperlukan dalam usaha pembuatan jus buah kaya rasa ini dengan rincian: 2 orang di bagian produksi dan 1 orang di bagian penjualan .
BAB IV
ASPEK PEMASARAN
Segmen Pasar
Seperti yang kami bahas di awal tadi bahwa target konsumen kami ialah masyarakat kelas mengenah ke bawah terutama anak-anak dan para wanita yang menyukai jus buah segar.
Strategi Pemasaran
Agar dapat meningkatkan penjualan produk yang kami buat maka kami membuat strategi pemasaran yang matang guna meraih penghasilan yang besar, yaitu dengan cara :
Menetapkan harga yang relative murah agar semua konsumen dapat membeli produk yang kami Jual.
Menyidiakan Tempat penjualan jus buah di tempat-tempat yang sangat strategis.
Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen.
Promosi Usaha
Adapun promosi penjualan yang kami lakukan ialah dengan cara:
Membuat Toko online untuk dipasarkan lewat internet
Memasang papan nama di depan tempat usaha kami.
Mempromosikan usaha kami lewat radio dan surat kabar.
Sistem Penjualan/Distribusi
Sistem penjualan produk yang kami gunakan dalam meningkatkan frekeunsi penjualan produk ini adalah langsung dan menerima pesanan lewat telepon atau secara langsung
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan penjelasan kami diatas maka kami mengharapkan kepada dukungan semua pihak yang berkenan dalam membantu usaha kami agar lebih maju, kami siap menerima bantuan dana berupa donasi, tambahan modal atau bantuan teknis lainnya agar usaha yang kami buat lebih maju dan dapat mengurangi tingkat penganguran di Indonesia terutama di wilayah sleman jogjakarta. terima kasih.
Pemasaran produk dalam suatu bisnis memang menjadi salah satu faktor penting untuk kemajuan suatu usaha. Semakin banyak orang mengenal produk yang dipasarkan maka akan banyak kalangan yang mengenal produk yang dibuat. Oleh karena itu promosi akan membantu kemajuan usaha. Selain itu juga akan semakin dikenal oleh masyarakat.
Seperti itulah contoh permohonan pemasaran produk untuk usaha. Penulisan dari proposal perlu memperhatikan berbagai aspek, menuliskan lebih detail mengenai kelengkapan produk, harga penjualan, target pasar yang dituju serta sebagainya. Dengan hal tersebut proposal yang anda buat akan lebih menarik perhatian dari perusahaan yang membacanya.
Post a Comment