81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Terlengkap Soal Latihan Kelas 9 SMP Matematika Beserta Kunci Jawaban

Bagi siswa kelas 9 tentu membutuhkan banyak latihan yang ekstra untuk mempersiapkan ujian ataupun kelulusan. Seringnya banyak murid yang merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal matematika. Padahal matematika adalah pelajaran logika yang menyenangkan jika dipelajari lebih dalam. Untuk bisa meningkatkan kualitas belajar kamu, berikut beberapa soal latihan kelas 9 SMP Matematika terbaru beserta kunci jawabannya.


Kumpulan Soal Matematika Kelas 9 SMP Beserta Kunci Jawaban

1 Nilai akhir dari 2 – 2 + 3 – 3 + 1 – 4 yaitu ….
a. -3
b. -2
c. -4
d. -5
Jawaban ; A

2. Berapa luas dari sebuah persegi, apabila yang diketahui adalah panjang sisinya (3√6-2) cm ….
a. 58 + 12√6
b. 58 – 12√6
c. 58 + 6√6
d. 58 – 12√6
Jawaban ; B

3. Diketahui panjang tulang rusuk (3 + 4 (2) cm, volume kubus adalah …. cm3.
a. 315 + 236√2
b. 236 + 315√2
c. 315 – 236√2
d. 236 – 315√2
Jawaban ; C

4. Diketahui bahwa px adalah (3√2 – √6) = 12. Maka nilai p yang memenuhi hasil perhitungan tersebut adalah adalah ….
a. 3√6 + √2
b. 3√6-√2
c. 3√2 + √6
d. 3√2-√6
Jawaban ; C

5. Sebuah belah ketupat mempunyai panjang diagonal (3 √ 5) cm dan (2 √ 5) cm. Daerah belah ketupat adalah ….
a. 12 cm2
b. 13 cm2
c. 14 cm2
d. 15 cm2
Jawaban ; D

6. Diketahui 3 – x + 2 = 1/81, berapa nilai x yang dapat memenuhi hasil dari perhitungan tersebut ….
a. -2
b. -6
c. 2
d. 6
Jawaban ; D

7. Jika a adalah 2√3 + √5 dan b adalah 3√5 – √3. Berapa hasil perhitungan dari a dan b ….
a. 5√15 + 9
b. 5√15 + 21
c. 5√15-9
d. 5√15-21
Jawaban ; A

8. Berapa hasil perhitungan dari √175 + 4√7 – √63 yaitu ….
a. 6√7
b. 5√7
c. 4√7
d. 3√7
Jawaban ; A

9. Diketahui 39 – 3x = 27, berapa nilai x yang dapat memenuhi hasil perhitungan tersebut ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban ; A

10. Susunan dari bilangan ∛125, 5√243, ∜16 dari yang kecil hingga yang besar yaitu ….
a. ∛125, 5√243, ∜16
b. ∛125, ∜16, 5√243
c. ∜16, 5√243, ∛125
d. ∜16, ∛125, 5√243
Jawaban ; C

11. Bentuk sederhana dari 23.080.000 adalah ….
a. 2,308 x 108
b. 2,308 x 10⁷
c. 2.38 x 108
d. 2.38 x 10⁷
Jawaban ; B

12. Hasil dari 64 : 3 adalah ….
a. 21,3
b. 1.4
c. 8
d. 4
Jawaban ; A

13. Bentuk paling sederhana dari √300 adalah ….
a. 10√3
b. 20√3
c. 30√3
d. 40√3
Jawaban : D

14. Nilai dari (√32) . 1/5 yaitu ….
a. ½ √5
b. ½ √4
c. ½ √3
d. ½ √2
Jawaban ; D

15. Berapa hasil perhitungan dari √175 + 4√7 – √63 yaitu ….
a. 6√7
b. 5√7
c. 4√7
d. 3√7
Jawaban ; A

16. Hasil dari 6√2 +4√8 - 3√32 adalah ...
A. 2√2
B. 3√2
C. 5√2
D. 7√2
Jawaban ; A

17. Hasil dari √1350 ÷ √3 adalah….
A. 5√2
B. 5√3
C. 15√2
D. 15√3
Jawaban ; C

18. Diketahui 2log a =1/2 dan 3log b =1/3. Jika x = a2 dan y = b3, maka xlog y =…
A. 3log12
B. 2log 12
C. 3log 2
D. 2log 3
Jawaban ; D

19. Jika persamaan  x log 3 + x log (3x-6) = 2 memiliki akar-akar x1 dan x2 dengan x1 > x2, maka x1 - x2 adalah...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban ; C

20. Salah satu akar-akar dari persamaan kuadrat 3x2 + 8x - 35 = 0 adalah ….
A. 5
B. 7
C. 5/3
D. 7/3
Jawaban ; D

Bagaimana cukup banyak bukan variasi soal matematika untuk kelas 9 diatas? Dengan sering latihan untuk mengerjakan soal, maka otak akan lebih terasah dan bisa berpikir lebih cepat. Sehingga pelajaran matematika pun bukan soal yang sulit untuk dilakukan. Kamu bisa melatih kecepatan berhitung kamu dengan cara memberikan waktu pengerjaan untuk setiap soalnya. Alhasil, semua soal yang ada akan terjawab dengan cepat dan tidak ada yang terlewatkan.
Post a Comment

Post a Comment