81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Kegiatan Malam Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019

RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Kegiatan Malam Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 - RPP merupakan kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP dibuat oleh seorang guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan terkontrol dengan baik di dalam kelas. Beberapa guru mengunakan RPP sebagai panduan dalam mengajar, sehingga pada saat terjun di kelas, guru semakin mantap dalam mengajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya, selain itu RPP juga disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Kegiatan Malam Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019

Adapun RPP Kelas 1 Tema 3 K13 Revisi 2020 yang akan kami bagikan kali ini terdiri atas 6 (enam) pertemuan tatap muka, untuk pertemuan pertama dengan tujuan:
  1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan malam hari dengan tepat
  2. Dengan menceritakan kembali siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
  3. Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah. 
  4. Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan perilaku di malam hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
  5. Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
  6. Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi penggunaan bahan alam dalam membuat karya kerajinan.
  7. Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan alam (biji-bijian)
  8. Setelah merancang siswa mampu membuat karya kerajinan biji-bijian berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Adapun kegiatan Inti pada RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Kegiatan Malam Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 adalah sebagai berikut:
A. Suasana Malam Hari Di rumah
  1. Guru mengajak siswa mengamati gambar yang menunjukkan suasana di malam hari di rumah dan melakukan tanya jawab seputar keadaan malam hari yang biasa terjadi.
  2. Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan? (HOTS)
  3. Guru mengajak siswa menyimak cerita yang ada di buku.
  4. Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan malam hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
  5. Untuk memperkuat pemahaman tentang kosa kata yang dipelajarinya, guru melakukan permainan mencari kata tersembunyi pada tabel huruf. Guru membuat tabel huruf di atas media karton (lihat contoh di buku siswa). Tempelkan karton di papan tulis. Guru menjelaskan bahwa pada tabel huruf tersebut tersimpan kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari. Guru menunjukkan kartu kosa kata-kosa kata yang dimaksud.Siswa yang dapat menemukan kata tersebut diminta maju ke depan dan memberi tanda pada kata tersebut. Guru memberikan reward pada siswa yang berhasil menemukan kosa kata yang dimaksud. (Critical Thinking and Problem Formulation)
  6. Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari. (Mandiri)
  7. Guru melanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan kegiatan malam hari di rumah. Diskusi juga diarahkan untuk membahas kebiasaan-kebiasaan yang baik yang dillakukan pada malam hari di rumah. Lalu siswa dibentuk perpasangan. 
  8. Siswa mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan baik pada malam hari yang biasa mereka lakukan kepada teman pasangannya.
  9. Setelah itu guru meminta beberapa pasangan siswa menceritakan kebiasaan temannya di malam hari, di depan kelas.
B. Membuat Kolase Dari Biji-Bijian
  1. Setelah diskusi guru menunjukkan kepada siswa beberapa karya yang dibuat dengan menggunakan bahan alam terutama yang terbuat dari biji-bijian.
  2. Guru memberi contoh cara membuat karya kerajinan dari biji-bijian
  3. Setelah itu siswa merancang karya kerajinan dari biji-bijian dengan menentukan ide, tema, serta menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  4. Siswa membuat karya dengan tekun dan tertib, dengan arahan guru.
  5. Siswa yang sudah selesai merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya. (Creativity and Innovation)
    RPP diatas merupakan salah satu pertemuan tatap muka yang kami kutip, untuk RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Kegiatan Malam Hari K13 Revisi 2020 sesuai Permendikbud 14/2019 yang lebih lengkapnya kami gabungkan keseluruhan file dengan format .rar yang dapat di unduh melalui tautan disini